Peluang Usaha di Bandung Saat Weekend

Peluang Bisnis di Bandung yang Patut Dicoba

Dengan ramainya wisatawan yang kerap mengunjungi Bandung terutama saat long weekend atau long holiday, peluang bisnis di Bandung bisa sangat menjanjikan, loh. Usaha bagaimana yang memiliki kemungkinan untuk survive paling lama di Bandung? Tips-tips apa sajakah yang penting untuk dipertimbangkan dalam menjalankan usaha di Bandung? Artikel ini akan membahas topik tersebut secara umum.

Peluang Usaha di Bandung yang Menjanjikan

Peluang Usaha di Bandung yang Menjanjikan

Bandung terkenal akan makanannya yang unik dan tergolong lebih murah dibandingkan harga makanan di ibu kota. Ada beberapa jenis makanan yang umumnya digemari mayoritas warga Bandung dan pendatang serta tidak perlu modal yang sangat besar. Salah satunya sebagai contoh adalah serabi. Serabi yang manis dan gurih bisa Anda kreasikan dengan berbagai rasa yang sedang tersohor seperti green tea, red velvet, atau resep lainnya yang menurut Anda berpotensi terjual banyak. Intinya, menjual makanan khas Bandung bisa menjadi peluang usaha sampingan di Bandung yang patut dicoba. Agar tak kehilangan rasa otentik dari makanan pendahulunya, ada baiknya mendiskusikan resep original dengan penduduk asli yang telah terlatih membuat makanan tersebut sebelum Anda mengkreasikannya.

Untuk menekan modal awal bisnis serendah mungkin, Anda bisa mencoba menjualnya di kedai-kedai bersih terlebih dahulu sembari mempublikasikannya via media sosial. Selain membuka kedai yang menjual makanan khas Bandung, Anda juga bisa membuka cafe kecil-kecilan sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. Ingatlah bahwa untuk menarik animo masyarakat, menu atau dekorasi cafe Anda harus dibuat semenarik mungkin. Juallah menu makanan atau minuman Anda dengan harga yang sesuai seperti rasa dan service yang ditawarkan. Tidak perlu takut melakukan inovasi karena warga Bandung tergolong senang ‘icip-icip’ rasa baru yang tak pernah mereka coba sebelumnya. Selain berkecimpung dalam dunia kuliner, Anda juga bisa mendirikan distro atau factory outlet grosiran yang sesuai dengan selera fashion warga Bandung dan pengunjungnya.

Peluang Usaha di Bandung Saat Weekend

Jika kegiatan Anda sangat banyak di hari-hari kerja mulai Senin sampai Jumat, Anda bisa saja melakukan usaha di akhir minggu, tepatnya hari Sabtu dan Minggu. Selain tidak mengganggu pekerjaan utama dan kuliah atau sekolah Anda, bekerja pada hari Sabtu Minggu terutama di Bandung yang memang selalu padat saat weekend bisa memberikan keuntungan yang cukup memuaskan. Usaha yang bisa Anda lakukan tak harus melulu menjual barang, jasa yang sesuai kemampuan Anda pun juga bisa Anda jual. Inilah beberapa alternatif peluang bisnis sampingan Sabtu Minggu yang cukup mudah dilakukan. Pertama, menjadi guide part time di Kota Bandung.

Anda bisa coba mendaftarkan diri Anda di beberapa tempat wisata yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang memadai tentang tempat wisata tersebut. Kedua, Anda bisa mencoba berjualan barang kreasi Anda di acara-acara Minggu pagi seperti Sunday Morning atau Car Free Day. Acara seperti ini akan selalu ramai oleh pengunjung sehingga kemungkinan barang kreasi Anda dilirik menjadi lebih besar. Satu tips untuk berjualan di acara seperti ini adalah, kenali petugas yang bertanggung jawab di area sekitar agar Anda mendapatkan kemudahan dalam memperoleh lahan berjualan dan nantinya tidak perlu berurusan dengan orang-orang yang tidak ‘resmi’ jika terjadi masalah.

Peluang Usaha di Bandung Saat Weekend

Sebelum menjalankan usaha kecil di kota kembang ini, buatlah analisis kelayakan usaha terlebih dahulu untuk mengetahui apakah usaha Anda nantinya akan profitable. Analisis ini bisa dilakukan oleh seorang ahli atau Anda sendiri juga bisa melakukannya dengan panduan yang banyak beredar di berbagai referensi. Pada dasarnya, peluang usaha di Bandung akan selalu ada karena Bandung tak akan pernah sepi pengunjung terutama saat weekend.