Cara Membuat Soto

Peluang Usaha Soto Ayam dan Soto Sapi

Usaha Soto Ayam dan Soto Sapi yang menjanjikan

Siapa yang tak kenal hidangan soto? Makanan ini sangat mudah di temui dengan beragam versi. Setiap daerah memiliki soto khas yang berbeda-beda. Soto khas yang terkenal di antaranya berasal dari Madura, surabaya, lamongan, bandung, betawi, padang, makasar, Banjarmasin, dan pekalongan. Perbedaannya terletak pada bumbu, isi, dan cara penyajian.

Usaha Soto Ayam dan soto Sapi

Soto adalah salah satu makanan khas indonesi yang lezat dan banyak di gemari yg sangat cocok juga untuk dijadikan peluang usaha. Soto juga merupakan menu tradisional yang sangat popular dan di terima di seluruh pelosok nusantara. Jenis makanan ini, bahkan bisa hadir setiap saat, baik di rumah maupun di warung makan. Sebagai menu sampingan, soto bisa di santap saat sarapan, makan siang, atau malam hari. Kuah yang hangat dan segar mampu membangkitkan nafsu makan.

Peluang Usaha Soto

Makanan ini banyak dijual, baik di gerobak dorong, warung kaki lima, atau pun restoran. Banyaknya penjual soto tidak membuat sepi pembeli. Makanan ini tertap di gemari semua kalangan, mulai anak-anak sampai kakek nenek, kalangan bawah sampai kalangan atas.berjualan soto bisa menjadi pilihan pilihan menekuni bisnis kuliner. Sebab, pasar makanan ini terbilang sangat luas. Dalam versi berbeda, nyaris semua daerah punya makanan soto sebagai andalan atau khasnya sehingga usaha soto akan selalu menjanjikan. Disamping pasarnya sudah tersedia begitu besar, soto sangat praktis dan mudah di buat. Berbisnis soto juga dapat tidak beresiko tinggi. Skala usaha bisa dimulai dari usaha kecil, yaitu gerobak dan kaki lima, atau sekalipun sekala besar seperti restoran, disesuaikan dengan modal yang tersedia.

Sisi lain yang menjanjikan usaha ini banyak diminati orang lain adalah karena demulai usaha soto sangat mudah, bahkan bisa di mulai dari dapur sendiri. Mudah karena tidak perlu mengeluarkan modal besar. Untuk usaha skala kecil saja, anda hanya membutuhkan gerobak untuk menjajakan soto. Gerobak ini bisa di pasang didepan rumah atau dibawa keliling jalan. Karena soto merupakan usaha yang mengandalkan cita rasa, maka sebelum membuka usaha lakukanlah uji rasa kepada calon pembeli, misalnya dengan membagikan contoh soto kepada tetangga atau saudara. Dengan demikian, anda bisa memperbaiki rasa soto yang kita buat. Jika respons pasar sudah membaik, anda bisa menambah jumlah bahan soto.

Kemudian, jika respons masyarakat bagus, maka anda bisa mencari tempat stategis. Disana, anda bisa membuka warung kaki lima atau depot kecil.jika usaahanya sudah berjalan baik, anda bisa membuka cabang di tempat lain. Bahkan, anda harus mumbuka diri untuk menerima pesanan dalam acara-acara tertentu. Menerima pesanan dan harga terjangkau akan membuat penghasilan tambahan bagi anda. Apalagi, jika cita rasa khas dan nikmat maka konsumennya bisa dating dari tempat mana pun, bahkan yang jauh sekalipun, dengan tetap menjaga rasa dan harga yang terjangkau, konsumen akan terus ketagihan dan secara otomatis populasi soto anda pun akan meningkat. Sebab, pelanggan akan mengundang konsumen lain untuk mampir di warung soto anda.

Cara Membuat Soto

Cara membuat soto, baik soto ayam maupun soto sapi, sangat mudah. Hal yang pertama adalah anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
* 1 ekor ayam kampong atau daging sapi,
* 100 gram tauge, akarnya di buang dan di cuci bersih,
* 2 batang daun seledri. Di iris halus,
* 2 batang daun bawang, diiris halus,
* 5 butir bawang merah,
* 10 siung bawang putih,
* 50 gram bawang goreng,
* 5 butir kemiri,
* 4 cm jahe,
* 2 lembar daun salam,
* 4 cm lengkuas/loas, dimemarkan,
* 1 sdt bumbu penyedap,
* 1 jeruk nipis, di ambil airnya, serta
* Garam dan merica secukupnya

Setelah bahan-bahan terkumpul, langkah selanjutnya dalah meracik atau mengolah bahan-bahan tersebut. Caranya, siapkan air dalam panic besar kemudian masukan ayam kampong, daun salam, dan lengkuas. Lalu, rebuslah sampai matang dan empuk. Setelah itu, angkatlah ayam yang udah empuk ( atau daging sapi ), iris dan suwir-suwir kecil-kecil. Setelah itu, pisahkan kaldu ayam sebanyak 2 liter saja. Jika kurang, tambahkan air matang secukupnya. Kemudian, cingcang kasar bawang merah dan putih, kemiri dihaluskan, jahe dipukul hingga memar lalu bakar sebentar. Setelah itu, panaskan 2 sendok minyak lalu rumis bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe tadi sampai harum. Jika sudah harum, masukan tumisan bumbu ke dalam kaldu ayam yang sudah dipisahkan. Jangan lupa tambahkan bumbu penyedap, garam, dan merica secupnya lalu dididihkan di atas api kecil. Setelah kaldu ayam mendidih, lalu angkat.

Cara Membuat Soto

Setelah itu, tahap selanjutnya adalah menghidangkan makanan. Dalam menghidangkan ini, siapkanlah mangkuk cekung, masukan mi putih secukupnya, daging ayam, tauge, bawang merah, daun bawang, dan seledri, dan perasan jeruk nipis. Setelah itu, tuangkan lah kaldu di dalam mangkuk tersebut. Jika sudah siap, hidangkan dengan nasi terpisah secukupnya. Akan lebih baik, jika dihidangkan selagi panas dengan sambal kecap.

Simulasi Usaha Soto

1. MODAL
#  Bahan baku Rp 3.200.000,00
# Gerobak Sepeda Rp 1.200.000,00
# Peralatan Rp 1.000.000,00
# Lain-Lain Rp 100.000,00

Total Rp 5.500.000,00

2. BIAYA PENGELUARAN PER BULAN
# Pembelian bahan baku
@ Rp 180.000,00
Rp 180.000,00 x 30 hari Rp 5.400.000,00
# Gas Elpiji
@ Rp 20.000,00 Rp 100.000,00
# Minuman (es, the, jeruk, gela) Rp 200.000,00
# Lain-lain Rp 100.000,00

Total Rp 5.800.000,00

3. PENJUALAN
#  Omzet per bulan
= (50 porsi soto x Rp 6.000,00) Rp 9.000.000,00
# Omzet perbualn
= ( 50 gelas es x Rp 2.000,000) RP 3.000.000,00

Total Rp 11.000.000,00

4. KEUNTUNGAN
Laba Bersih
= Rp 11.000.000,00 – Rp 5.800.000,00
= Rp 5.200.000,00

Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis franchise silahkan kunjungi artikel kami Tips Cara Membeli Bisnis Franchise